Jumlah core pada Intel Core i5, Core i7 dan Core 2 Quad

Jumlah core pada Core i5 dan i7 dengan Core 2 Quad sama, yaitu 4 core. Yang membedakan keduanya sehingga Core i5 dan i7 lebih cepat antara lain :

1.     Proses produksi yg lebih kecil sehingga dapat ditanamkan jumlah transistor yg lebih banyak pada ukuran die (penampang) yg sama.

2.     Dengan semakin banyaknya jumlah transistor, otomatis pemrosesan data yg dilakukan akan semakin cepat.

3.     Dengan proses produksi yg lebih kecil juga, maka daya listrik yg digunakan semakin kecil sehingga panas yg dihasilkan menjadi lebih sedikit jg. Hal ini tentunya apabila OC (Over Clock) di implementasikan akan menghasilkan persentase yg lebih baik dibandingkan processor yg lebih besar proses produksinya.

4.     Jumlah cache memory yg lebih besar pada Core i5 dan i7. (kecuali seri Core 2 Quad 9xxx yg cache nya mencapai 12 MB)

5.     Pada Core i7 9xx bahkan terdapat fitur Hyper Threading sehingga selain 4 core fisik, terdapat pula 4 core virtual, dan 8 threads.

6.     Controller memory yg integrated pada processor Core i5 dan i7, juga sangat membantu mengurangi "rute antara memory dan processor sehingga laju transfer data lebih meningkat.

7.     Penggunaan DDR 3 pada Core i5 dan i7 juga lebih meningkatkan bandwidth dibandingkan seri Core 2 Quad, apalagi dengan teknologi Triple Channel pada Core i7 9xx.

Jangan lupakan juga penggunaan chipset yg lebih baru sehingga semua kelebihan dan teknologi terbaru dapat diimplementasikan.

Intinya dengan teknologi baru, pasti akan terdapat banyak kelebihan, terutama dari segi kecepatan dan penggunaan daya yg lebih kecil. 



Jumlah core pada Intel Core i5, Core i7 dan Core 2 Quad Jumlah core pada Intel Core i5, Core i7 dan Core 2 Quad Reviewed by Rasyid on 13.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.