Ciri -ciri dan modus para penipu online

Beberapa tips untuk mengantisipasi Penipuan Online diantaranya adalah:

1. Barangnya spek tinggi, kondisi normal/baru tetapi harganya tidak masuk akal, terlalu murah -logikanya kalo barangnya memang bener - bener ada, ga perlu cape-cape pasang iklan juga pasti langsung laku kalo dia tawarin ke para pedagang bener (apalagi murah) tanpa perlu cape posting iklan.

2. Sering berganti ID hampir setiap kali pasang iklan,soalnya takut kelacak, kalo memang orang bener apalagi pedagang, jelas ga mau ganti-ganti ID apalagi kalo punya reputasi baik..Ga gampang loh ngebangun reputasi baik.

3. Tanggal posting iklan hampir sama atau sama dengan tanggal masuk member, soalnya tiap kali beroperasi hampir pasti bikin ID baru.

4. Tempat kota pengiklan sering tidak sama dengan lokasi yang diiklan, dengan alasan ekspansi atau apalah..., logika nya, banyak ko calon konsumen disetiap kota manapun di Indonesia , kalo memang barangnya bener ada apalagi murah-pasti ga akan susah jualnya..dan lagian memang punya stok berapa juta unit sih kalo dia mau ekspansi..??

5. Foto yang di upload seringkali tidak sama dengan spek atau tipe yang ditulis, paling sering ngambil gambar dari internet atau punya orang, gimana mau ambil foto sendiri lah wong memang ga ada barangnya..heheheh...coba perhatiin lagi deh foto-fotonya, liat angle-angle-nya... kalo memang dia yang ambil fotonya pasti punya beberapa angle dengan latar belakang yang sama.

6. Kalo diajak COD atau ketemu langsung pasti ga akan pernah bisa atau ga mau, padahal waktu dan tempat sudah disesuaikan dengan ke-inginan dia, dengan alasan paling sering lagi di Irak, di Afrika, Bagdad atau di dunia antah berantah dan pulang kekota halamannya seribu tahun lagi.

7. Jika mencantumkan alamat, coba dicek lagi kebenaran dan kejelasan alamat tersebut, kalau punya sodara dikota sang pengiklan berada, coba minta tolong untuk ngecek keberadaannya, mending rugi dikit buat gantiin ongkos sodara(itung-itung amal dan nyambung tali silaturahim) daripada rugi banyak akibat ceroboh dan sembrono..Percaya deh hampir sebagian besar para penipu yang menuliskan alamatnya pasti alamat Ayu Ting-Ting alias alamat palsu...tapi bukan berarti yang mencantumkan alamat itu palsu semua yaa,.ada, banyak ko yang memang jelas dan bener..intinya CEK AJA LANGSUNG KE-TKP.

8. Mencoba menelpon atau sms dan meminta transfer sejumlah uang rata-rata 30% - 50% untuk DP barang, dan sisanya setelah barang dikirim atau sampai... berani bener ya...??ya iya lah berani, orang niatnya mo nipu, begitu DP masuk atau ditransfer dijamin sebentar lagi HP-nya ga aktif.. langsung gigit jari deh heheh.. coba deh agan transaksi sama pedagang bener, dijamin ga akan ada yang mau ngirim dagangannya kalo tidak sistem pembayaran lunas...kecuali agan-sista ini bapak atau ibunya...atau memang punya hubungan bisnis sudah bertahun-tahun..Sekedar info, kalopun harus transfer, biasanya istilah yang dipake:booking yang jumlahnya rata-rata 50ribu sampai maksimal 100ribu rupiah.

9. Memberikan fotokopi KTP atau fotokopi akta perusahaan lainnya, supaya lebih keliatan bener ... heheheh...Trus emang kalo agan pegang/punya fotokopi itu semua, bisa dicairin dibank itu semua...???? Dan kalo pedagang bener gag perlu sampe kaya gitu juga kali... kecuali mau ada KONTRAK RESMI sama BUMN atau Perusahaan lainnya.

10. Kalau-pun harus kirim-kirim. pastikan bahwa pedagang tersebut sudah mempunyai reputasi dan rekomendasi dari temen-temen agan, atau bisa diliat dari rekam jejak dagangannya atau ID personalnya, kalau masih ragu - ragu mending jangan deh, kecuali bisa COD -an.

11. Transaksi paling aman dan fair adalah COD atau ketemu langsung,karena semuanya bisa keliatan jelas barangnya.. sesuai dengan kriteria kita atau tidak, dan bisa langsung nego ditempat soal harga-nya.

12. Biasanya orang yang sering ketipu itu, orangnya tidak teliti,malas, ceroboh dan mau-nya untung banyak tapi ga mau gerak, jangan kalah sama penipu gan, mereka aja mau ko bergerak, ya salah satunya dengan memposting iklan palsu alias ga jelas.

13. Jadilah konsumen yang CERDAS, TELITI dan TAU HAK-HAK SEBAGAI KONSUMEN, agar tidak dirugikan.

14. Kalo udah baca artikel ini masih ketipu juga.... mmhhhh,kayanya agan or sista kudu balik ke SD lagi deh sekolahnya..

15. Buat para penipu, maapin ye, sekarang calon korbannya udah mulai pada pinter-pinter dan teliti lagi...hehehe daripada ente-ente kerjaannya niat nipuin orang, mending belajar bikin web aja,atau jadi operator tukang posting diperusahaan IT,atau apa gitu yang penting halal dan berkah.
Ciri -ciri dan modus para penipu online Ciri -ciri dan modus para penipu online Reviewed by Rasyid on 20.48 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.