Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Membeli Produk Asuransi

Memiliki produk asuransi jiwa memang dapat membantu mengantisipasi berbagai risiko finansial yang datang di saat tak terduga. Meski demikian membeli produk asuransi juga membutuhkan kejelian khusus. Sering kali mereka membeli produk asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa kesalahan yang wajib dihindari saat membeli asuransi.


1.      Tidak Mengetahui Kebutuhan Uang Pertanggungjawaban

Kebanyakan orang sering asal membeli produk asuransi tanpa menghitung berapa kebutuhan UP yang dibutuhkan. Alhasil, jika terjadi risiko, UP yang diberikan ternyata tidak mampu mencukupi kebutuhan finansial keluarga. Untuk itu, pastikan cari tahu terlebih dahulu berapa kebutuhan UP sehingga dapat menentukan produk yang paling tepat.

Setelah mengetahui berapa kebutuhan uang pertanggungan. Maka Anda hanya perlu membeli produk asuransi yang mampu memberikan UP sebesar nilai tersebut. Bahkan Anda juga bisa mempertimbangkan produk asuransi jiwa berjangka murni dengan premi yang cukup terjangkau namun uang pertanggungan yang diberikan tergolong besar.

2.      Menganggap Asuransi Sebagai Bentuk Investasi

Perlu Anda ingat jika asuransi merupakan biaya, bukanlah investasi yang bisa Anda harapkan hasil yang besar suatu hari nanti. Meski perusahaan asuransi akan memberikan UP dan kompensasi ketika terjadi risiko, namun pemegang polis juga wajib membayar premi sebagai wujud pengalihan risiko kepada pihak perusahaan asuransi.

3.      Salah Menetapkan Tertanggung Pada Polis Asuransi

Dalam polis asuransi, tertanggung merupakan orang yang risikonya mampu ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jadi ketika tertanggung meninggal, pihak asuransi akan memberikan UP kepada ahli waris yang ditunjuk. Asuransi sendiri bertujuan untuk manajemen risiko finansial, jadi idealnya tertanggung asuransi adalah mereka yang menjadi sumber penghasilan keluarga.

4.      Asal Membeli Asuransi Pendukung

Pada umumnya ketika membeli produk asuransi, pihak perusahaan juga akan menawarkan asuransi pelengkap. Meski demikian jangan asal menambah asuransi pendukung sebelum menghitungnya terlebih dahulu. Asuransi tambahan juga akan membuat biaya semakin bertambah pula. Jadi pastikan untuk lebih bijaksana dalam memilih asuransi tambahan.

Meski terdengar sepele, namun faktanya ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli produk asuransi. Pastikan jangan asal membeli saja, perhatikan juga beberapa poin di atas agar produk asuransi yang dibeli sesuai dengan kebutuhan. Dapatkan beragam produk asuransi terbaik hanya di allianz.co.id.
Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Membeli Produk Asuransi Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Membeli Produk Asuransi Reviewed by Rasyid on 09.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.