Banyak yang Tidak Tahu, 5 Makanan Ini Justru Sebabkan Perut Kembung!

Kalau kamu merasa lebih sering bersendawa atau kentut berarti kamu membutuhkan obat mengatasi perut kembung. Selain dua gejala yang telah disebutkan, gejala lainnya perut terlihat lebih membesar dan nafsu makan berkurang. Perut kembung sendiri terjadi akibat penumpukan gas dalam usus dan lambung. Sehingga perut akan akan terasa lebih kencang.


Makanan Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung

Perut kembung bisa disebabkan karena makan terlalu banyak dan terlalu cepat, sering mengonsumsi makanan berlemak dan minuman bersoda, serta sering mengunyah permen karet. Berarti pada umumnya, sumber utama perut kembung adalah makanan. Termasuk makanan-makanan di bawah ini.

1.    Bawang Merah dan Bawang Putih

Bumbu dapur yang wajib digunakan pada setiap masakan ini mengandung serat yang dikenal sebagai fruktan. Usus kecil yang berada pada tubuh kita ternyata tidak mampu mencerna serat tersebut. Alhasil produksi gas pada tubuh meningkat lebih banyak, sehingga membuat perut kembung seketika.

2.    Sayuran Kelompok Kubis

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau brokoli, kubis, dan kol rentan sekali membuat perut kamu kembung. Meskipun sayuran tersebut memiliki banyak manfaat, namun lebih baik kamu tidak terlalu sering mengkonsumsinya. Alasannya, karena sayuran kelompok kubis ini mengandung zat gula.

Kalau zat gula tersebut tidak difermentasi oleh bakteri, maka usus kesulitan mencernanya. Akhirnya terjadi produksi gas yang berlebihan sehingga membuat perut kembung. Kalau kamu mulai merasakan gejala perut kembung setelah memakan sayuran ini, jangan lupa untuk mengkonsumsi obat mengatasi perut kembung.
 
2.    Kacang-kacangan

Segala jenis kacang-kacangan ternyata bisa menjadi penyebab perut kembung. Terutama jenis kacang kering yang memiliki kandungan serat yang tinggi, contohnya kacang polong. Meskipun kacang merupakan sumber vitamin dan serat yang hebat, alangkah baiknya dikonsumsi dalam jumlah yang kecil. Kalau kamu mengkonsumsi dalam jumlah banyak, otomatis gas di dalam perut kamu bertambah banyak juga.

4.    Makanan Berlemak

Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi cenderung lebih sulit dicerna daripada makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Hal tersebut ternyata bisa menjadi pemicu terjadinya perut kembung. Selain itu, makanan berlemak meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Itulah sebabnya mengkonsumsi makanan berlemak dengan porsi yang berlebihan sangat tidak dianjurkan.

5.    Produk Olahan Susu

Susu memiliki kandungan laktosa yang menyehatkan badan bagi yang meminumnya. Namun, tidak semua lambung bisa mencerna kandungan laktosa tersebut. Kondisi ini yang biasa dikenal dengan sebutan intoleransi laktosa. Artinya tubuh tidak mampu menghasilkan enzim laktase. Akibatnya, laktosa yang tidak dicerna secara optimal justru menghasilkan produksi gas yang tidak terhingga.

Itulah lima jenis makanan yang bisa membuat perut kamu kembung. Apalagi kalau kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang lebih banyak. Selain menjaga pola makan sehat, mengkonsumsi obat  juga menjadi pilihan alternatif. Untuk mendapatkan obat mengatasi perut kembung kamu bisa mengeceknya di https://www.goapotik.com/.
Banyak yang Tidak Tahu, 5 Makanan Ini Justru Sebabkan Perut Kembung! Banyak yang Tidak Tahu, 5 Makanan Ini Justru Sebabkan Perut Kembung! Reviewed by Rasyid on 18.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.